Saturday, August 8, 2009

Cara Membuat Read More pada Blogspot

Free Website Hosting

Jika kita menulis posting pada blogspot, tulisan kita akan dimunculkan secara keseluruhan pada halaman depan. Ini mengakibatkan blog kita akan penuh dengan tulisan yang panjang ketika dibuka. Saat ini blogspot memang belum menyediakan fungsi "read more" ketika menulis posting. Harapannya sih bakal ada. Berbeda halnya dengan Wordpress CMS yang telah menyediakan tool pada bagian penulisan posting yang berfungsi untuk membagi tulisan yang akan tampil pada halaman utama (depan).
Fungsi "Read More" atau "Baca Selengkapnya", atau "Continue Reading" seperti pada blog ini adalah untuk membagi postingan menjadi 2 bagian sehingga yang muncul di halaman utama hanya sebagian saja, sedangkan untuk melihat isi keseluruhan bisa dilakukan dengan mengklik link "Read More" tersebut. Meskipun blogspot tidak menyediakan tool membuat Read More, kita masih bisa membuat Read More tersebut pada postingan kita dengan cara merombak sedikit template Blogspot yang kita gunakan. Ada 2 cara membuat Read More pada blogspot yang bisa kita gunakan:

CARA PERTAMA

1. Login ke akun blogspot pembaca.
2. Pada dasbor, klik link Tata Letak, kemudian pilih submenu Edit HTML.
3. Back up terlebih dahulu template blogspot pembaca agar jika terjadi kerusakan, masih bisa mengembalikan ke kondisi semula. Klik link Download Template Lengkap.
4. Beri centang pada bagian Expand Template Widget.
5. Silahkan cari kode seperti dibawah ini pada template pembaca.

Perlu diketahui bahwa kode tersebut ada yang sama dan ada yang beda dengan template Anda. Saya menggunakan template standart blogspot, MINIMA. Untuk menyiasatinya, pembaca cukup memastikan bahwa terdapat struktur class='post-body'.
6. Copy paste kode berikut pada kode yang Anda temukan pada langkah 5 di atas:





7. Selanjutnya cari kembali kode berikut ini:

8. Copy paste kode berikut di bawah kode yang Anda temukan pada langkah 7 di atas:
Read More...

(NB: Anda boleh mengganti tulisan "Read More..." yang berwarna merah tersebut dengan tulisan "Baca selengkapnya...", "Lanjutkan...", dsb.
9. Setelah itu klik tombol SIMPAN TEMPLATE.
10. Masih pada dasbor blogspot pembaca, bukalah menu Pengaturan, kemudian pilihlah submenu Format. Pada bagian Template Posting yang ada di sebelah paling bawah, copy paste kode berikut:



11. Setelah itu klik tombol SIMPAN SETELAN.
12. Sekarang cobalah membuat sebuah posting baru. Pada tab Edit HTML pada kotak isian posting, pembaca akan melihat muncul tulisan yang Anda copy paste pada langkah 10 di atas.
13. Untuk membuat Read More muncul pada postingan, tulis bagian artikel yang hanya ingin ditampilkan pada halaman utama blog di atas kode

0 comments:

Post a Comment